CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 26 Oktober 2011

KOMUNIKASI DI INTERNET

Fasilitas/Layanan Pada Internet
  1. BROWSING/SURFING : sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi. Program yang digunakan untuk browsing/surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator. Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya : www.detik.com, www.rotten. com, www.invir.com, www.puspendik.com, www.plasa.com, www.geocities.com, www.yahoo.com
  2. EMAIL (Electronic Mail) sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut. Yahoo.com, plasa.com, telkom.net, doramail.com, dll.
    E-mail (Electronic Mail), adalah fasilitas untuk mengirim teks, suara, video, grafis melalui internet menggunakan surat elektronik, yaitu surat dalam bentuk file yang bisa dibuka/ dibaca di komputer.
  3. MAILING LIST sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembang an dari email yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade math, science, artikel menarik, dll.
    Milist (Mailing List), Sarana diskusi dengan menggunakan E-mail. Setiap email yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota shg mendapatkan informasi.
    Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh www.yahoogroups.com
  4. INTER RELAY CHAT (CHATTING) adalah fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.
  5. NEWSGROUP adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh : diskusi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang internet alt.internet; tentang serial tv : alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps
  6. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP) adalah fasilitas untuk mengi rim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll.
  7. TELECONFERENCE adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, shg seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP. Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau perte-muan jarak jauh karena bisa saling memandang dan mendengar secara langsung.
  8. INTERNET TELEPHONY yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dll.
  9. INTERNET FAX Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.


Sumber :
http://rubynamie.blogspot.com/2011/10/komunikasi-melalui-internet-by-anna.html

Search Engine

Search Engine adalah aplikasi yang didesain untuk mencari informasi dunia world wide web/ internet. Internet terdiri dari triliun data dan informasi dalam jutaan server dan lokasi yang tersebar luas. Search engine menkoleksi data, gambar, informasi dalam bentuk indeks. Informasi yang disajikan dalam bentuk daftar kepada pencari berdasarkan info yang diberikan oleh pencari.
Cara kerja search engine berdasarkan urutan berikut ini:
1.       Web Crawling 
2.       Indexing 
3.       Searching
Web crawler (disebut juga spider) adalah program komputer yang melihat-lihat/browse halaman web serta mengikuti setiap link di halaman tersebut, dan kemudian menyimpannya dalam indeks di server search engine. Isi dari halaman tersebut dianalisa untuk mendapatkan index kata-kata dari judul, header, dan meta tag. Index memungkinkan hasil query yang sepandan dengan cepat.
Saat pengguna menuliskan pertanyaan/ query ke search engine, maka search engine akan searching/ mengevaluasi index dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan pertanyaan/ query, beserta ringkasan singkat yang terdiri dari judul dokumen dan sebagian dari teks.

Sejarah Search Engine

Sebelum ada web search engine(mesin pencari web), terlebih dahulu ada sebuah webserver yang memiliki daftar lengkap. Tampilan tersebut diubah oleh Tim Berners-Lee dan dimana CERN webserver menjadi tuan rumahnya. Sejarah dalam sebuah foto yang masih tersisa dari 1992. Semakin banyak webserver yang online tampilan pusat tidak dapat ikuti. Dalam NCSA server baru diumumkan dengan judul “What’s New!” tetapi tidak terdapat tampilan yang lengkap lagi.
Alat yang pertama kali digunakan untuk mencari informasi di internet dinamakan Archie. Nama itu singkatan dari “archive” tanpa “v”. Alat ini diciptakan pada tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang murid di McGill Universitas di Montreal. Program ini menyalin data dari semua file di komputer yang terletak di FTP (File Transfer Protocol) tanpa nama, menciptakan kumpulan data yang bisa ditemukan di komputer; bagaimanapun, Archie tidak memberi petunjuk dalam situs ini.
Gopher meningkat (diciptakan pada tahun 1991 oleh McCahill di Universitas Minnesota) memimpin 2 program pencari baru, Veronica dan Jughead. Seperti Archie, mereka mencari nama file dan judul yang disimpan dalam sistem index (petunjuk) Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan kata kunci pencarian dari kebanyakan judul menu Gopher dalam semua tampilan Gopher keseluruhan. Jughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display) adalah sebuah alat untuk mendapatkan informasi dari server Gopher. Sementara sebuah nama mesin pencari “Archie” bukan penunjuk untuk berbagai seri buku komik Archie, “Veronica” dan “Jughead” adalah karakter dalam berbagai seri, jadi mengarah pada pendahulu.
Pada musim panas tahun 1993, tidak ada mesin pencari untuk web saat itu, walaupun berbagai macam katalog khusus ada di tangan. Oscar Nierstrasz di Universitas Geneva menuliskan berbagai seri tulisan tangan Perl dimana akan secara berkala mencermikan halaman ini dan menuliskan kembali ke format standar yang dibentuk untuk dasar W3Catalog, web sederhana pertama mesin pencari, yang dilepaskan pada 2 September 1993.
Pada June 1993, Matthew Gray, kemudian di MIT, menghasilkan mungkin robot web pertama, the Perl -berdasarkan World Wide Web Wanderer, dan menggunakan itu untuk menghasilkan penunjuk (index) yang dinamakan ‘Wandex’. Tujuan dari Wanderer adalah untuk mengukur suatu ukuran dari World Wide Web, dimana itu berlangsung sampai akhir 1995. Mesin pencari web yang kedua Aliweb muncul pada November 1993. Aliweb tidak menggunakan web robot, tetapi bergantung pada konfirmasi oleh pengelola website dari setiap situs yang ada dalam format tertentu.
JumpStation (dilepaskan pada December 1993) menggunakan web robot untuk menemukan halaman web dan membangun penunjuknya, dan menggunakan bentuk web untuk gabungkan dengan program pertanyaan. Itu adalah WWW yang pertama-penemuan alat untuk menyatukan tiga ciri khas yang penting dari mesin pencari web (crawling, indexing, dan searching). Oleh karena keterbatasan sumber yang ada dari platform, jadi (indexing) dan dengan demikian mencari yang terbatas pada judul dan topiknya yang ditemukan di halaman web bersamaan dengan crawler.
Satu dari “full text” crawler yang pertama-berdasarkan mesin pencaru adalah WebCrawler, yang keluar pada tahun 1994. Tidak seperti pendahulunya, itu membiarkan pengguna mencari kata-kata dalam berbagai halaman web, dimana telah menjadi standar dari semua mesin pencari utama. Itu juga merupakan yang pertama dikenal/terkenal oleh umum. Pada tahun 1994 Lycos (yang dimulai pada Universitas Carnegie Mellon) diluncurkan, dan menjadi usaha perdagangan komersil yang utama.
Segera setelah itu, banyak mesin pencari muncul dan bersaing untuk ketenaran. Termasuk didalamnya Magellan, Excite, Infoseek, Inktomi, Northern Light, dan AltaVista. Yahoo! adalah cara yang paling banyak diminati oleh kebanyakan orang untuk menemukan halaman web, tetapi fungsi pencarian beroperasi pada direktore web, daripada teks penuh yang disalin dari halaman web. Informasi dari para pencari dapat juga dilihat direktori daripada melakukan pencarian kata kunci.
Pada tahun 1996, Netscape sedang mencari sesuatu untuk memberikan mesin pencari single rundingan yang istimwea untuk menjadi ciri khas mesin pencari. Terdapat begitu banyak minat yang menghantam Netscape oleh 5 mesin pencari utama, 5 juta dolar per tahun setiap mesin pencari akan diputar pada halaman mesin pencari Netscape. Lima mesin ini adalah: Yahoo!, Magellan, Lycos, Infoseek dan Excite.
Mesin pencari juga terkenal sebagai beberapa bintang cemerlang dalam internet menginvestasikan (frenzy) yang terjadi pada akhir 1990an. Beberapa perusahaan memasuki pasar, menerima catatan selama persembahan umum mereka. Beberapa sudah melepas mesin pencari umum mereka dan hanya perusahaan pemasaran, seperti Northern Light. Beberapa perusahaan pencari ditangkap pada (dot-com bubble), spekulasi bom yang terjadi pada tahun 1999 dan berakhir pada tahun 2001.
Sekitar tahun 2000, mesin pencari Google bangkit untuk menjadiyang terdepan. Perusahaan mencapai hasil yang memuaslan untuk beberapa pencarian dengan penemuan yang disebut PageRank. (iterative algortihm ranks) halaman web berdasarkan angka dan PageRank dari situs web yang lain dan halaman yang berhubungan dengan itu, dengan pemisalan bahwa barang atau halaman yang menarik berhubungan lebih daripada yang lain. Google juga mempertahankan pemisahan minimal untuk mesin pencarinya. Bertentangan, beberapa pesaing tertanam pada mesin pencari di portal web.
Tahun 2000, Yahoo menyediakan layanan pencarian berdasarkan mesin pencari Inktomi. Yahoo! mendapat Inktomi pada tahun 2002 dan Overture (yang dimiliki oleh AlltheWeb dan AltaVisa) pada tahun 2003. Yahoo! (switched) ke mesin pencari Google sampai tahun 2004. ketika di luncurkan mesin pencarinya sendiri berdasarkan penggabungan teknologi dari perolehannya.
Microsoft pertama kali meluncurkan MSN Search (in the fall of) 1998 menggunakan hasil pencarian dari Inktomi. Pada permulaan 1999 situs tersebut mulai menampilkan daftarnya dari Looksmart digabung dengan hasil dari Inktomi kecuali untuk jangka pendek tahun 1999 ketika hasil dari AltaVista digunakan. Pada tahun 2004, Microsoft memulai masa peralihan untuk pencarian teknologinya, didukung oleh web crawler (dinamakan msnbot).
Microsoft memberikan merk lagi pada mesin pencari, Bing, yang diluncurkan pada 1 Juni 2009. Pada 29 July 2009, Yahoo! dan Microsoft menyelesaikan rundingan dimana Yahoo! Search didukung oleh teknologi Microsoft Bing.
Berdasarkan Hitbox, ketenaran Google memuncak pada 82.7% bulan Desember 2008. Pada July 2009 prestasi menunjukkan Google berada pada 78.45 kalah dari Baidu 8.87%, dan Bing 3.17%. Penguasaan pasar dari Yahoo! adalah 7.16% dan AOL 0.6% juga ditolak.
Di Amerika Serikat, Google memimpin pada 63.2% penguasaan pasar pada May 2009, berdasarkan Nielsen NetRatings. Republik of Cina, Baidu memegang 61.6% penguasaan pasar untuk pencarian web bulan July 2009.
Web robot yang pertama kali muncul adalah “Wandex” dari World Wide Web Wanderer, suatu aplikasi indeks yang ditemukan oleh Matthew Gray di MIT pada 1993 sampai 1995 yang digunkan untuk mengetahui seberapa besar world wide web. Kemudian muncul Aliweb dan sampai sekarang. Kemudian ada mesin lain yang bernama Lycos, lahir pada tahun 1994, yang telah berkembang pesaat menjadi usaha yang komersial. Kemudian sudah mulai muncul banyak mesin yang bersaing diantaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista.
Search Engine sendiri pun terbagi atas dua kelompok yaitu Individual Search Engine yaitu mengumpulkan data dari web kemudian menampilkan hasilnya berdasarkan indeks pada basis individu. Contohnya adalah Google (www.google.com), hotbot (www.hotbot.com), FastSearch (www.fastsearch.com). Sedangkan kelompok yang lain adalah Meta Search Engine yaitu dengan cara mencari data dari beberapa individual search engine secara bersama-sama. Contohnya adalah lxquick (www.ixquick.com), Meta Crawler (www.go2net.com/search.html), QbSearch (www.qbsearch.com).

Beberapa Search Engine:
·         Altavista (http://www.altavista.com)
·         Alltheweb (http://www.alltheweb.com)
·         Ask (http://www.ask.com)
·         AOL (http://www.aol.com)
·         Britannica (http://www.britannica.com)
·         Dogpile (http://www.dogpile.com)
·         Gigablast (http://www.gigablast.com)
·         Google (http://www.google.com)
·         HotBot (http://www.hotbot.com)
·         Live Search (http://www.live.com)
·         LookSmart (http://www.looksmart.com)
·         Lycos (http://www.lycos.com)
·         Mamma (http://www.mamma.com)
·         MetaCrawler (http://www.metacrawler.com)
·         MSN (http://www.msn.com)
·         Netscape (http://www.netscape.com)
·         Search (http://www.search.com)
·         Snap (http://www.snap.com)
·         Yahoo (http://www.yahoo.com)
·         WebCrawler (http://www.webcrawler.com)
·         Wisenut (http://www.wisenut.com)

sumber :
http://wildanfaizzani.wordpress.com/2010/04/11/pengertian-search-engine/

E-Commerce

Definisi E-Commerce
menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.
E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping,
Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002).
Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.
Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Definisi dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 3 perspektif berikut:
1.    Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
2.    Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang
menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
3.    Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
4.    Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.

Jenis-jenis E-Commerce
Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1.    Business to Business, karakteristiknya:
·         Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
·         Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
·         Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
·         Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
2.    Business to Consumer, karakteristiknya:
·         Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
·         Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
·         Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
·         Sering dilakukan sistim pendekatan client-server. (Onno W. Purbo & Aang Arif. W; Mengenal E-Commerce, hal 4-5)

Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.

Mantaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
a.    Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
b.    Menurunkan biaya operasional (operating cost). Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
c.    Melebarkan jangkauan (global reach). Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
d.    Meningkatkan customer loyalty. Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
e.    Meningkatkan supply management. Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
f.     Memperpendek waktu produksi. Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
Pernyataan-pernyataan Onno W. Purbo di atas juga didukung oleh permyataan Laura Mannisto (International Telecommunication Union, Asia and the Future of the World Economic System, 18 March 1999, London), yaitu:
a.    Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses Ketersediaan informasi produksi dan harga dapat diakses oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
b.    Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen : jarak dan waktu relatif lebih pendek, sehingga perusahaan dapat berhubungan dengan rekan bisnis di lain negara dan melayani konsumen lebih cepat. Produsen dapat memilih tempat untuk memproduksi dan melayani konsumen tidak tergantung dimana konsumen itu berada. Perusahaan yang berada di negara berpendapatan rendah dapat mengakses informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.
c.    Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan logistik secara online dan otomatis.

Sumber : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html